Tedy Rusmawan Dorong Kolaborasi Disnaker Bandung dan BP3MI Jabar

 


Kota Bandung, Ekspos Bandung - Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan A.T., M.M., bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung, melakukan kunjungan kerja yang penting ke Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat pada Selasa, tanggal 9 Januari 2024. Kehadiran mereka disambut oleh Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol Mulia Nugraha.

Dalam sambutannya, Tedy Rusmawan mengajak BP3MI Jawa Barat untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung, khususnya Disnaker Kota Bandung, dalam menyosialisasikan informasi tentang peluang kerja di luar negeri kepada warga Kota Bandung. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Bandung.

"Tentunya harapan kami dari DPRD Kota Bandung ialah kolaborasi antara BP3MI Jawa Barat dan Disnaker Kota Bandung. Terutama terkait informasi yang berkala terkait peluang kerja di luar negeri bagi warga Kota Bandung. Hal ini pun untuk terus menekan angka pengangguran di Kota Bandung," kata Tedy.

Tedy juga mendorong agar kerjasama ini dapat dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara BP3MI Jawa Barat dan Disnaker Kota Bandung. Dia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bandung telah menjalin kerjasama sister city dengan sekitar 12 negara, mulai dari Jepang, Korea Selatan, Jerman, Australia, hingga Amerika Serikat.

"Ke depan semoga bisa ditindaklanjuti dengan adanya MoU. Apalagi Pemerintah Kota Bandung sudah ada kerja sama sister city dengan beberapa negara seperti Sepang, Korea, Jerman, Australia hingga Amerika Serikat dan poin kerja sama sister city salah satunya adalah peluang bekerja bagi warga Kota Bandung yang ingin bekerja di luar negeri," katanya.

Selain itu, Tedy berharap bahwa dengan penyebaran informasi yang masif dari BP3MI Jawa Barat kepada warga Kota Bandung, dapat mengurangi kasus penipuan yang sering kali menggunakan kedok agen tenaga kerja ilegal.

"Bila diinformasikan dengan masif, masyarakat pun akan mengatahui mana agensi tenaga kerja yang legal dan salam pengawasan BP3MI Jawa Barat. Karena hal ini pun kerap masyarakat sampaikan aspirasi terkait masalah ini kepada DPRD Kota Bandung," ujar Tedy.

Sementara itu, Sekretaris Disnaker Kota Bandung, Dicky Wisnu, juga berharap agar BP3MI Jawa Barat dapat menyediakan informasi kepada masyarakat di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Kota Bandung.

"Harapannya juga dari Pemkot Bandung kepada BP3MI Jawa Barat untuk menambah saluran sosialisasi kepada masyarakat terkait peluang kerja di luar negeri. Tentunya apanha nanti ada stand di Mall pelayanan publik, atau bahkan kegiatan di car free day tentunya untuk lebih banyak dikenal berbagai program dari BP3MI Jawa Barat," tambah Dicky.

Menyambut usulan tersebut, Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol Mulia Nugraha, menyatakan dukungannya. Ia berharap akan ada kerja sama lanjutan untuk berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandung.

"Informasi dan sosialisasi akan kami tingkatkan. Kemarin kami pun baru selesai rapat terkait rencana menginformasikan berbagai program di baliho dan videotron," kata Mulia.

Ia juga mengajak masyarakat Kota Bandung yang ingin mengetahui informasi terkait layanan perlindungan tenaga kerja migran dan informasi lowongan pekerjaan di luar negeri untuk mengakses situs resmi BP3MI Jawa Barat.

Post a Comment